Oleh:  AMRINA ROSADA  ADE IRAWAN  BETARIA DEVA
Jurusan : OFFICE MANAGEMENT LP3I BENGKULU

Dosen : Indah Soraya, S.Psi., MA

downloadBAB 1
OBYEK DAN RUANG LINGKUP PSIKOLOGI INDUSTRI
1. Jelaskan alasan mengapa calon pekerja memerlukan pemahaman psikologi idustri! Mana yang lebh memerlukan pemahaman calon pekerja atau pekerja? Berikan alasan jawaban Anda!
Jawaban:
Alasan mengapa calon pekerja memerlukan pemahaman psikologi adalah:
Yang memerlukan pemahaman tentang psikologi industry adalah bagi calon pekerja, karena Dalam proses pertama untuk mendapatkan calon pekerja yang efektif dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, sebuah perusahaan atau instansi akan menghadapi beberapa proses, dari mulai menentukan kualifikasi pelamar sampai akhirnya pelamar tersebut akan diangkat menjadi karyawan dalam perusahaan anda.

Tujuan utama dari rekrutmen sendiri sebenarnya bukan hanya untuk menghasilkan sejumlah orang tertentu saja, ternyata tujuan rekrutmen juga harusnya mampu untuk memikat para pelamar yang kompeten bagi perusahaan atau instansi tersebut dengan mengacu kepada kemampuan atau ability, kecocokan antara persyaratan pekerjaan dengan pengetahuan dan motifasi yang merujuk kepada kecocokan antara karakteristik pekerjaan dengan kepribadian si pelamar.
Untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai, sangat dibutuhkan strategi rekrutmen karyawan yang tepat dan efektif,

2. Perlukah pemahaman psikologi dalam penyusunan setiap fungsi manajemen? Berilah alasan jawaban Anda berikut contoh!
Jawaban:
Iya perlu, karena manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal Contohnya:
 Fungsi Pengorganisasian atau Organizing,
proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan bisa memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi bisa bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
3. Sering orang beranggapan bahwa bila sesuatu direncanakan dengan cermat justru gagal, sementara kegiatan yang tidak direncanakan justru berhasil dilakukan. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Berilah jawaban Anda berikut contoh dan alasan!
Jawaban:
Tidak setuju, karena setiap perencanaan adalah suatu proses menentukan apa yang ingin dicapai di masa yang akan dating serta menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya. Dengan demikian, proses perencanaan dilakukan dengan menguji berbagai arah pencapaian serta mengkaji berbagai ketidakpastian yang ada, mengukur kemampuan (kapasitas) kita untuk mencapainya kemudian memilih arah-arah terbaik serta memilih langkah-langkah untuk mencapainya.”
Contohnya:
 Perencanaan Strategis
Dari misi organisasi diturunkan tujuan strategis. Rencana strategis ditujukan untuk mencapai tujuan strategis. Biasanya rencana strategis ditetapkan oleh manajemen puncak.
 Perencanaan Taktis
Rencana taktis diturunkan dari misi dan rencana strategis. Rencana taktis ditujukan untuk mencapai tujuan taktis yang merupakan bagian tertentu dari rencana strategis. Fokus pada hubungan manusia dan aksi, dan biasanya ditetapkan oleh menajemen menengah.
 Perencanaan Operasional
Tujuan operasinal diturunkan dari tujuan dan rencana taktis. Rencana operasional lebih sempit dengan jangka waktu yang lebih pendek dan banyak melibatkan manajemen tingkat bawah.

4. Berilah salah satu contoh pengawasan dalam aktivitas anda. Bila aktivitas tersebut anda anggap berhasil, sebutkan alasan keberhasilannya, demikian pula bila gagal!
Jawaban:
Contoh pengawasan dalam aktivitas saya:
Misalnya saya mengikuti sebuah perlombaan pentas seni yang banyak diikuti oleh universitas lainnya, karna saya mempunyai keinginan yang besar untuk memenangkan lomba tersebut oleh sebab itusaya harus membuat perencanaan untuk memenangkan perlombaan dari hal yang kecil hingga hal yang terbesar untuk dipelajari.
Jika saya berhasil berarti saya mempunyai perencanaan yang cukup baik dan saya tidak boleh mempuaskan diri. Dan jika saya gagal maka saya harus belajar lebih giat lagi agarditahun depan nya saya mengikuti perlombaan tersebut saya bisa memenangkannya dan saya tidak boleh berkecil hati.
5. Mengapa bintang film, tokoh agama, tokoh politik, dan sejenisnya berpengaruh terhadap perilaku seseorang? Berilah contoh! Menurut anda, bila ingin mengakrabkan diri dengan orang seperti pada contoh Anda, apa yang harus Anda lakukan!
Jawaban:
Karena prilaku seseorang sangat mencerminkan sikap seseorang maksudnya jika kita beradaptasi dengan lingkungan yang mempunyai keterkaitan dengan individu dan kelompok, seperti Bintang film, tokoh agama, tokoh politik, yang langsung beradaptasi dengan fans dan masyarakat luas bahkan dari sana kita dapat menilai dasar prilaku seseorang tersebut, maka dari para sponsor banyak memakai artis untuk memasarkan produk mereka dengan cara membuat iklan membuat brosur dan yang lainnya, sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi barang tersebut baik disadari maupun tidak disadari oleh mereka.
Contohnya:
Raffi Ahmad dia seseorang bintang film, penyanyi, dan host, dengan pekerjaan yang dia miliki saat inimulai dari pemeran pemmbantu di sinetron (Tunjuk Satu Bintang) di tahun 2002, mulai dari situlah dia mendapatkan job yang luar biasa sampai saat ini dia mengiklan kan produk dia sendiri. Dari sini lah kita mengetahui tingkah laku seseorang dari zaman yang dulu nya Cuma menjadi pemeran pembantu dan hingga memiliki usaha sendiri.
Jika kita ingin seperti bintang film, tokoh agama, tokoh politik dan sejenisnya, kita tidak boleh memberi pengaruh dengan orang lain berilah kesan positif terhadap orang lain.
BAB 2
FAKTOR MANUSIA DALAM ORGANISASI PERUSAHAAN
1. Buatlah daftar kepribadian rekan-rekan Anda dalam satu kelas, berilah alasan mengapa Anda menduga kepribadian teman Anda introvert, ekstrivert, atau ambivert. Contoh, dan lengkapilah format berikut ini!
Jawaban:
No. Nama Kepribadian Alasan
1 Betaria Ambivert • Bisa bergaul dengan orang baru
• Sering juga menyendiri
• Mampu bekerja dengan Tim
• Berhati-hati
• Bersemangat
• Suka mengamati interaksi di sekitar mereka.
2 Yolanda Angraini Ekstrovert • Antusias
• Banyak bicara
• Tegas
• Suka berteman
• bersemangat
• Spontan
3 Deva Ekstrovert • Suka Keramaian
• Suka Bercerita
• Spontan
• Banyak Bicara
4 Zulki Meitra Ambivert • Banyak bicara
• Tidak suka keramaian
• Spontan

2. Carilah contoh pengambilan keputusan penting dalam hidup anda! Keputusan penting dapat berupa keputusan di Dunia pendidikan, hubungan pribadi(pacar), hubungan keluarga, atau lainnya. Sebutkan pemengaruh perilaku Anda apakah berasal dari diri sendiri, lingkungan, pengalaman atau ketiga-tiganya! Berilah alasan paling sedikit sepuluh alasan! Ikutilah format berikut ini!
Jawaban:
Nama : Tina Casdiana
Jurusan : Office Management
Kasus : Saya memutuskan untuk memilih jalan pikir saya daripada orang terdekat saya
Pemengaruh :Diri sendiri dan apa yang saya liat atau kenyataan
Alasan : Menurut saya, apa yang saya lihat langsung dan hasil dari mencari tahu serta menanyakan kepada orang lain itu lebih actual saat mengambil keputusan.

3. Anda ingin memengaruhi adik anda (umur sekitar 5 tahun) untuk tidak melakukan kegiatan tidak baik berikut ini (pilih salah satu) tindakan apa yang Anda lakukan untuk mempengaruhinya? Jelaskan jawaban anda secara singkat dan mengena!
Tindakan yang anda tidak perbolehkan adalah:
a. Melarang memakan es krim pada waktu pilek
b. Melarang bermain korek api
c. Melarang bermain hujan-hujanan
d. Melarang bermain sepeda dijalan raya
e. Melarang bermain layang-layang di tengah hari
f. Melarang menyakiti binatang seperti ayam, kucing, kelinci, dan sejenisnya
g. Melarang mengambil mainan teman lainya

Jawaban:
Melarang Bermain Hujan-hujanan
Tindakan saya:
a. Berkata padanya untuk tidak bermain diluar rumah “ dek, jangan main hujan ya.. ntar sakit loo trus adek gk bisa main bareng mbak lagi,, lagian mau ntar minum obat terus disuntik sama dokter…?”
b. Membujuk dia untuk bermain di dalam rumah “ ayo,, kita bermain didalam saja. Mbak punya mainan baru lohhh,,”
c. Berikan apa yang kita janjikan dan jangan buat dia kecewa atau membohonginya ketika ia sudah mau untuk bermain didalam rumah.
d. Temani dia bermain
e. Berikan permainan yang menarik dan memancing dia untuk belajar.

4. Anda ingin mempengaruhi adik Anda (umur sekitar 5 tahun) untuk melakukan kegiatan berikut ini( pilih salah Satu). Tindakan apa yang Anda lakukan untuk mempengaruhinya? Jelaskan jawaban Anda secara singkat dan mengena!
Tindakan yang dianjurkan adalah:
a. Mandi pagi
b. Menyisir setelah mandi
c. Belajar
d. Sikat gigi sebelum tidur
e. Membereskan mainan setelah bermain
f. Minta maaf atas kesalahan yang dilakukannya
g. Tidur siang
Jawaban:
Membereskan mainan setelah bermain
Tindakan saya:
a. Biarkan dia bermain dalam pengawasan kita
b. Saat menemani dia bermain, ajarkan dia arti kerapian dengan bahasa sesuai umurnya “dek, nanti setelah kita main kita rapiin mainan nya bareng-bareng ya,, biar mainannya tetap bagus, cantik, terawat gk berantakan yang kaya digudang… kan sayang sama mainan-mainannya”
c. Saat merapikan mainan lihat dan perhatikan bagaimana dia menyusunnya lalu jika ada yang salah, kita bantu menunjukkan posisi yang benar.
d. Buat dia tidak merasa kesal ataupun terpaksa melakukan itu tapi buat dia seakan masih bermain saat membereskan mainan-mainannya.

5. Anggap diri Anda sebagai kepala bagian, pada hari ini Anda sedang menghadapi anak buah anda yang sering membolos kerja sehingga Anda terpaksa harus memberikan sanksi. Bagaimana cara Anda memberikan dan menjelaskan sanksi tersebut? Jelaskan secara ringkas!
Jawaban:
Untuk anak buah yang sering membolos kerja harus diberi sanksi, agar tidak mengulangi lagi.
a. Berikan surat peringatan, jika peringatan pertama dia masih mengulanginya berikan surat peringatan ke 2 hingga ke 3. Jika masih berikan dia surat pemberhentian.
b. Menjelaskan sanksi tersebut yang sesuai dengan apa yang ia lakukan. Ini juga untuk kebaikannya kedepan.

6. Bila ada seorang bawahan diberi sanksi oleh atasan, atau mahasiswa diberi snksi oleh dosen, maka secara otomatis rekan sekerja atau rekan mahasiswa membela temannya walaupun tahu bahwa rekan mereka melakukan kesalahan. Menurut pendapat Anda mengapa perilaku ini timbul? Mungkinkah kejadian tersebut dicegah? Berilah jawaban Anda diserta alasan mengapa hal tersebut timbul!
Jawaban:
Perilaku ini timbul karena adanya factor lingkungan.Lingkungan dapat memengaruhi nilai-nilai atau norma-norma individu.Misalnya saja contoh diatas, dimungkinkan berpandangan bahwa kesalahannya bukanlah disengaja tapi ada alasan.Ia melihat dari sisi lain dibandingkan sisi anggapan masyarakat umum. Dia memandang alasan kenapa rekannya membolos bukannya kesalahan yang rekannya lakukan itu. Dan dari perilaku lingskungan tersebut menimbulkan hukum tingkah laku dari apa factor-faktor psikis seseorang.
BAB 3
1. 4 motif dalam mengambil jurusan office management:
a. Lulusan jurusan office management bisa fleksibel dalam bidang kerja
Sebenarnya lulusan jurusan manajemen itu bisa kerja di banyak bidang kerja.Kerja di rumah sakit bisa, di kantoran bisa, di sekolah bisa, di peternakan pertanian juga bisa.Hal ini disebabkan oleh jurusan manajemen bisa mengerjakan tugas-tugas keadministrasian secara umum.Jika jurusannya manajemen keuangan bahkan bisa dijadikan petugas akuntansi keuangan.Namun sekarang ini jurusan manajemen ada banyak bidang konsentrasinya sehingga manajemen jadi begitu luas.Jika gagal dapat pekerjaan maka bisa berwirausaha dengan dasar ilmu pengetahuan ekonomi yang dimiliki.

b. Peluang kerja yang diberikan dari jurusan office management
Manajemen dalam dunia bisnis itu sangat kompleks dan tentu saja perlu dipelajari teori dan prakteknya. Ditambah lagi, berbeda dengan jaman dulu, kurikulum di luar negeri sangat mementingkan keahlian praktikal, kamu akan diikutkan dalam program magang (internships) atau penempatan kerja (work placement) yang diwajibkan oleh kurikulum. Dengan demikian, kamu tidak hanya belajar teori, tetapi berkesempatan untuk mempraktekkan apa yang kamu pelajari di tempat kerja. Jadi begitu lulus, sudah ada gambaran dunia kerja itu seperti apa, sudah punya pengalaman kerja, dan bahkan jika kamu cukup cemerlang dan menghasilkan ide yang inovatif, punya koneksi dan bisa memanfaatkan fasilitas universitas, kamu bahkan bisa memulai usaha kamu sendiri.
c. Standar kemampuan jurusan office management
Konsentrasi Administrasi Perkantoran dirancang dengan tujuan agar mahasiswa menguasai masalah pengelolaan Human Resources dalam perusahaan yang dilengkapi dengan keterampilan administrasi perkantoran, filing system, administrasi keuangan, administrasi perpajakan, administrasi perbankan bahkan memahami pengetahuan pasar modal dan lulusan program ini merupakan sumber informasi dalam pengambilan keputusan bagi Pimpinan, yang dilengkapi dengan kemampuan berkomunikasi bahasa inggris dan penguasaan komputer. Pada akhirnya semua lulusan Politeknik LP3I akan dapat memperoleh gelar Ahli Madya (Amd) sesuai bidangnya.
d. cepat dapat kerja
dengan mengambil jurusan office management kami mendapat skill dari setiap matakuliah. Yang mana setiap pelajaran di lp3i kami mendapatkan praktek 70 % dan teori 30 % sehingga peluang dari jurusan management sangat banyak dan kami mengandalkan praktek yang kami pelajari akan membantu kami untuk mendapatkan pekerjaan yang cepat.

Alasan dari 4 motif tersebut jika tercapai:
Karena jurusan office management mencakup semua lingkup bidang pekerjaan sehingga kami yakin akan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak untuk kedepannya.

Alasan jika tidak tercapai:
Jika tidak tercapai akan lebih menyalahkan diri sendiri karena belum bisa memanfaatkan skill yang didapat di jurusan office management.
2. Menurut saya dari kedua teori tersebut antara teori Maslow dan Edward yang lebih unggul adalah teori Maslow.
Alasannya:
Karena Teori Abraham Maslow mengungkapkan teori kebutuhan yang menyebutkan bahwa tingkah laku individu berguna untuk memenuhi kebutuhannya, di mana teori ini mempunyai empat prinsip landasan, yakni:
a. Manusia adalah binatang yang berkeinginan
b. Kebutuhan manusia tampak terorganisir dalam kebutuhan yang bertingkat tingkat
c. Bila salah satu kebutuhan terpenuhi, kebutuhan lain akan muncul
d. Kebutuhan yang telah terpenuhi tidak mempunyai pengaruh, dan kebutuhan lain yanglebih tinggi menjadi dominan.
e. Physical Needs (Kebutuhan-kebutuhan fisik)
Kebutuhan fisik merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan kondisi tubuh seperti pangan, sandang, dan papan.
f. Safety Needs (Kebutuhan-kebutuhan rasa aman)
Kebutuhan ini lebih bersifat psikologi individu dalam kehidupan sehari-hari. Misal: perlakuan adil, pengakuan hak dan kewajiban, jaminan keamanan.
g. Social Needs (Kebutuhan-kebutuhan sosial)
Kebutuhan ini jiga cenderung bersifat psikologis dan sering kali berkaitan dengan kebutuhan lainnya. Misal: diakui sebagai anggota, diajak berpartisipasi, berkunjung ke tetangganya.
h. Esteem Needs (Kebutuhan-kebutuhan penghargaan)
Kebutuhan ini menyangkut prestasi dan prestise individu setelah melakukan kegiatan. Misal: dihargai, dipuji, dipercaya.
i. Self Actualization (kebutuhan aktualisasi diri)
Kebutuhan ini merupakan kebutuhan tertinggi dari individu dan kebutuhan ini sekaligus paling sulit dilaksanakan. Misal: mengakui pendapat orang lain, mengakui kebenaran orang lain, mengakui kesalahan orang lain,dapat menyesuaikan diri dengan situasi.
3. Menurut reinforcement theory (teori penguatan) dampak kejadian dimasa lalu sengat berpengaruh terhadap perilaku masa yang akan datang. Berilah contoh peristiwa paling menyedihkan dan menyenangkan yang Anda alami yang mempengaruhi perilaku Anda! Catatan, hasil tulisan Anda tidak mempengaruhi penilaian anda dan akan ditangani secara pribadi oleh Bapak/Ibu Dosen. Bapak/Ibu Dosen akan memberikan hasil penulisan Anda ini!
Jawaban:
Contoh menyedihkan:
Sebuah kesalahan besar yang terjadi di 12 tahun lalu yang terjadi pada saudara, kejadian itu membawa kami ke kota ini. Hingga sekarang kejadian itu membuat kami terus untuk tidak mengulangi nya lagi dan sekarang itu membuat ada rasa takut, pengawasan, ingatan terhadap diri.Terus menjaga tapi ada saja yang berusaha mengingat kesalaha itu. Sehingga walaupun sudah jauh lewat melalui masa itu dan banyak aktivitas yang dikerjakan tetap saja ingatan itu akan datang ketika waktu nya.
Contoh menyenangkan:
Pada waktu masa SMP ketika saya mendapat juara pertama dalam perlombaan menulis biografi salah satu pahlawan kita yaitu Soekarno. Kebanggaan akan mendapat juara itu memberikan motivasi untuk cobalah kembali seperti dulu, bangun rasa semangat dalam jiwa kalau hari ini kamu akan melakukan hal yang sama seperti dulu. Buatlah satu kebanggaan terhadap dirimu.

4. Berikan satu contoh teknik motivasi positif di dalam proses belajar mengajar dan satu contoh pada dunia kerja!
Jawaban:
Contoh satu teknik Motivasi Belajar-Kegiatan Belajar
Dalam mengajar, guru/dosen perlu memahami dengan baik hubungan antara kognisi (daya pikir), motivasi belajar, dan intensitas kegiatan belajar pada diri siswanya.Dengan pemahaman ini guru dapat memilih strategi yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswanya. Perubahan yang terjadi pada kemampuan daya pikir akan berakibat pada perubahan dalam motivasi belajar. Perubahan motivasi belajar akan mengakibatkan perubahan dalam intensitas kegiatan belajar. Perubahan-perubahan itu terjadi sebagai akibat dari perubahan lingkungan dan kedewasaan.Perubahan lingkungan adalah perubahan dari lingkungan keluarga ke lingkungan tempat tinggal, dan dari lingkungan tempat tinggal ke lingkungan sekolah. Perubahan kedewasaan adalah perubahan daya pikir, motivasi belajar dan kegiatan belajar sejalan dengan bertambahnya usia. Selain itu faktor emosi juga berperan dalam peningkatan motivasi belajar siswa.Perubahan kemampuan kognisi dan emosi terjadi sejalan dengan perkembangan kedewasaan.Perubahan-perubahan kematangan kognisi dan emosi menyebabkan siswa melihat umpan balik hasil belajar — diidentikkan dengan nilai – secara lebih obyektif. . Mereka mulai melihat bahwa umpan balik hasil belajar bukan lagi merupakan evaluasi-sosial, tetapi benar-benar evaluasi objektif.Hal ini menyebabkan mereka sangat peduli terhadap penilaian pihak-pihak luar dan mereka menjadi sangat menghargai nilai. Apabila hal ini terus berkelanjutan selama mereka belajar di sekolah tentu akan menyebabkan kebosanan dan menganggap sekolah merupakan tempat yang tidak menyenangkan. Empat jenis umpan balik hasil belajar yaitu :
a. Evaluasi sosial bertujuan memberikan umpan balik yang bersifat membesarkan hati, atau menyenangkan hati anak yang dinilai. Bila umpan balik jenis ini diterima anak dengan kognisinya yang belum matang, seringkali menyesatkan.
b. Evaluasi simbolik memberikan umpan balik berupa simbol-simbol. Misalnya anak mendapatkan bintang-kertas-mengkilap apabila dapat menyelesaikan pekerjaan matematiknya tanpa kesalahan.
c. Evaluasi ‘Objective Past performance’ merupakan evaluasi yang dapat memberikan umpan balik dengan kriteria yang lebih jelas. Anak mendapatkan gambaran yang lebih obyektif tentang kemampuannya. Meskipun sementara pihak menganggap evaluasi jenis ini hanya menilai kemampuan kognitif, tidak mengukur kemampuan-kemampuan yang lain.
d. Normative feedback, memberikan gambaran kemampuan seseorang anak dalam bandingannya dengan anak lain di kelompok/kelasnya.Pemberian umpan balik hendaknya diberikan oleh guru secara bijaksana, selektif, wajar, dan sesegera mungkin, sehingga umpan balik yang diberikan dapat memotivasi siswa dalam belajarnya bukan sebagai hal yang tidak menyenangkan. Guru harus mengupayakan agar hasil belajar anak memuaskan sehingga anak dapat terus termotivasi untuk belajar.

Satu contoh motivasi pada dunia kerja:
Motivasi Kerja Karyawan Supaya Lebih Bersemangatbertujuan agar tidak merasa malas, seorang karyawan atau pekerja harus termotivasi oleh hasrat yang positif dan memiliki semangat kerja yang baik, Seorang manager perusahaan harus menciptakan motivasi kerja untuk karyawan.

Kata-kata Semangat :
Diantara kata semangat yang bisa merubah rasa malas menjadi tindakan, adalah seperti :
• Kalau orang lain bisa maka saya juga bisa.
• Saya harus mengerjakannya karena saya tidak mau membuang waktu.
• Saya bukan pemalas, Saya sangat menghargai waktu hidup yang dianugerahkan oleh Allah yang maha kuasa.

5. Berikan satu contoh teknik motivasi negative di dalam proses belajar mengajar dan satu contoh pada dunia kerja!
Jawaban:
Satu contoh motivasi negatif dalam belajar mengajar:
Pada saat ujian ada satu siswa yang membuka buku dan hari keesokan nya tidak hanya satu siswa tapi ada dua atau tiga orang yang mencoba teknik itu hanya untuk mendapatkan nilai bagus tai dengan cara yang tidak professional.

Satu contoh motivasi negative dalam dunia kerja:
Rekan kerja yang melakukan kecurangan saat bekerja Cuma untuk mendapatkan lebih hasil dari kerjanya tanpa sepengetahuan bos. Jika kita terpengaruh maka kita akan melakukan hal yang sama dari ajakan yang ia lakukan dengan iming-iming dan sebuah perjanjian.

Advertisements